Jumat, 20 Desember 2013

Pusat Pendidikan Zeni, Bogor

Lobby PUSDIKZI, Bogor.

Akhir tahun 2012, kami diberi kesempatan untuk mendesain interior lobby PUSDIKZI (Pusat Pendidikan Zeni) yang terletak di jl. Jendral Sudirman, Bogor Kota, Bogor. Lobby yang awalnya merupakan area penerimaan tamu, area pidato pengangkatan hingga pelepasan, menjadi salah satu area utama dalam Pusdikzi ini memiliki desain berkonsep bangunan pendidikan. 

Kami dikenalkan kepada kolonel Pusdikzi dan teman teman angkatan di Pusdikzi. Setelah diskusi, maka kami mendapatkan harapan dari Kolonel tentang keinginannya merubah lobby menjadi suasana hotel yang mewah dan elegant. Kendala diawal terdapat pada keberadaan tangga yang terletak kanan dan kiri lobby, yang ternyata keberadaan tangga tersebut jarang digunakan.

Setelah beberapa kali diskusi dan memberikan ide desain, maka didapatlah desain dengan menghilangkan keberadaan tangga untuk memperluas area lobby agar dapat memanfaatkan ruang yang luas.
Fungsi utama lobby tersebut tetap sebagai area utama yang digunakan untuk penerimaan tamu kehormatan, sebagai area pengangkatan hingga pelepasan. Maka dari ide dan fungsi tersebut maka kami mendesain lobby seperti berikut.




Konsep lobby hotel yang mewah dan elegant, kami aplikasikan pada area plafond dengan penggunaan drop ceiling material finishing urat kayu dengan indirect light, sisi kanan dan kiri lobby yang terhubung langsung pada lorong ruang diberi pembatas ruang yang bisa digunakan sebagai pintu sliding maupun backdrop saat tidak digunakan, panel panel yang dimanfaatkan untuk display foto para pejabat terdahulu, dan finishing dinding yang dilapis wallpaper motif.

Maka diawal tahun 2013, kami mulai menjalankan pekerjaan merenovasi lobby. Kali ini kami dipercaya untuk merenovasi ruang mulai dari pekerjaan struktur hingga pekerjaan kayu. Seperti inilah hasil dari desain yang kami buat.







Area depan lobby yang menghadap ke jalan utama, dengan pintu utama dipilih berbentuk melengkung dengan full kaca, sisi kanan kiri terdapat jendela hidup dan tengah terdapat sepasang daun pintu. 
Lantai menggunakan granite tile warna cream dengan sedikit pola granite. Kami letakan granite pola mata angin di tengah ruang sebagai pusat ruang.






Area belakang lobby yang menghadap lapangan Pusdikzi, merupakan area vocal point pada logo dan bendera di drop ceiling. Desain pintu yang lebih sederhana dan merupakan pintu folding slide mempermudah ruang dalam merubah fungsinya. Apabila terdapat aktifitas di lapangan, maka lobby difungsikan sebagai area jamuan sehingga pintu dapat dibuka maksilam untuk memperluas pandangan.
Panel pintu kanan dan kiri di buat simetris dan memperjelas batas ruang lobby dan lorong.

Demikian hasil karya kami pada lobby PUSDIKZI, yang menjadi langkah awal ketetapan kami dalam membentuk Unlimited Design ditahun 2013. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar